Pembukaan acara Konsultasi Publik oleh Wakil Bupati Nabire terpilih (22/11/2021).

Nabire (20/11) – Dinas Lingkungan Hidup Nabire (DLH Nabire) merupakan dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup di Kabupaten Nabire. Salah satu tupoksi DLH Nabire adalah perumusan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup. Kebijakan teknis yang tengah disiapkan adalah penilaian dan pengusulan kawasan ekosistem esensial (KEE)[1] di bentang alam Nabire.

Hari Masyarakat Adat Internasional 2021. Foto: Aldio

Lebih dari 476 juta masyarakat adat tinggal di 90 negara di seluruh dunia, terhitung 6,2 persen dari populasi global. Masyarakat adat adalah pemegang keragaman budaya, tradisi, bahasa dan sistem pengetahuan yang unik. Mereka memiliki hubungan khusus dengan tanah mereka dan memiliki konsep pembangunan yang beragam berdasarkan pandangan dunia dan prioritas mereka sendiri.

BBKSDA Papua Lakukan Identifikasi KBKT di Bentang Alam Nabire

Nabire (11/11) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua (BBKSDA Papua) merupakan unit pelaksana teknis dalam penyelenggaraan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya di wilayah Provinsi Papua. BBKSDA Papua mendapatkan amanah dari Ditjen KSDA, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengidentifikasi kawasan bernilai keanekaragaman hayati tinggi (KBKT) pada area seluas 1,7 juta hektar hingga tahun 2024.

Ular pucuk (Ahaetulla prasina)

Sejak tahun 2014, PT. Tirta Investama-Plant Citeureup (PT. TIV-PC) telah melakukan upaya konservasi eks-situ dengan membangun dan mengembangkan Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) yang berada di area operasionalnya. Upaya pelestarian ini sebagai bentuk komitmen program Aqua Lestari yang diinisiasi sejak tahun 2006.

Keragaman Biodiversitas di Area Konsesi PT Nabire Baru dan PT Sariwana Adi Perkasa

PT Nabire Baru (PT NB) dan PT Sariwana Adi Perkasa (PT SAP) merupakan dua perusahaan perkebunan kelapa sawit di bawah kelompok Goodhope Asia Holdings Ltd (selanjutnya disebut Goodhope). Area konsesi dengan status Hak Guna Usaha (HGU) berada di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. PT NB dan PT SAP merupakan anggota RSPO di bawah bendera Goodhope Asia Holding Ltd sejak tahun 2014.

Rumah Persemaian di Kampung Sima, Nabire

Nabire (21/12) – Isack Nanaor, Caleb Waropen, dan dua teman lainnya adalah anak-anak muda Kampung Sima, Distrik Yaur yang tengah membangun fasilitas rumah persemaian. Rumah persemaian (nursery) sebagai tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tumbuhan) menjadi bibit/semai yang siap ditanam di area restorasi dan lahan tidur. Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan dari kegiatan penanaman hutan karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan restorasi hutan.

Fasilitas pabrik kelapa Sawit Sungai Binti (SBM) yang menjadi tempat pengembangan pengolahan biogas untuk menangkap gas metan yang dihasilkan limbah

Kotawaringin Timur (15/10) – PT Agro Bukit Central Kalimantan (PT ABCK) merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha perkebunan kelapa sawit dan pengolahannya. PT ABCK merupakan anak perusahaan Goodhope Asia Holdings Ltd (Goodhope) yang telah menjadi anggota RSPO sejak tahun 2014. PT ABCK berkomitmen memperkuat posisi ranah perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, dengan menghadirkan proyek pembangunan bersih yang berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Subcategories

Page 1 of 8

© 2022 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network