Image
Image

Direktur

Iwan Setiawan S.Si
Selain pengurus juga pendiri Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. Berawal dari peneliti burung dan mamalia, hingga 20 tahun lebih menekuni survey biodeversitas dan kehati di Indonesia. Selain itu sejak tahun 2000 an sudah berkontribusi pada pengembangan pengelolaan kawasan konservasi, penilaian keanekaragaman hayati berbasis Masyarakat Nilai Konservasi Tinggi (NKT), manajerial tim, fasilitasi dan pelatihan untuk penelitian dan pemantauan satwa liar. Selain itu aktif dalam berbagai HCV sebagai Associet.
Image

Koordinator Program

Evi Indraswati S.Si
Kelahiran Klaten, Jawa Tengah yang saat ini bermukim di Bogor dan lulusan Biologi Universitas Gajah mada. Ketika kuliah banyak berkecimpung dalam kegiatan dan organisasi lingkungan. Hingga saat ini aktif sebagai anggota diberbagai kelompok kerja, diantaranya Pokja Konservasi di Indonesia. Mulai bergabung dengan PILI Green Network sebagai Editor The Indonesian Nature Conservation Newsletter (INCL) sejak 2004. Selain itu menjadi fasilitator proses dalam workshop multisteakholder untuk isu kehutanan dan konservasi 'shared learning', kerjasama dengan CIFOR. Deputy of manager untuk kegitan penyadartahuan limbah DAS Cisadane dukungan SEMAC JICA 2009. Aktif dikegiatan dan strategi pengelolaan kawasan konservasi di Indonesia khususnya kegiatan berbasis tapak dan community engagedment serta kemitraan lingkungan. Menulis aktif untuk praktik pembelajaran program restorasi hutan berbasis masyarakat dan berbagai publikasi kaleidoskop lingkungan 2005 -2008.
Image

Assosiate Biodiversitas

Anwar Muzakir S.Si
Lulusan Universitas padjajaran bandung ini merupakan salah satu staf yang lama berkecimpung dengan kehati di Indonesia. Selain satwa, tumbuhan juga menjadi fokus minat penelitiannya diberbagai kawasan konservasi di Indonesia terutama TN gunung halimun  salak di Jawa Barat. Selain itu ia lama menjadi asisten peneliti JICA program.Mengelola program pembelajaran dan mendesain publikasi mengenai isu informasi lingkungan dengan menyediakan informasi awal dari homepage biodata biodiversitas Indonesia. 
Image

Assosiate Policy

Muchamad Muchtar M.Sc

Selain sebagai pendiri PILI, ia membantu kegiatan PILI untuk pengembangan program dan berbagai kajian analisa kebijakan kosnervasi dan lingkungan. Meski ia bekerja untuk lingkungan dengan berbagai donor namun kegiatan riset dan menulis menjadi salah satu fokusnya.  

Image

Asisten Program

Ajeng Miranti Putri S.Hut
Lulusan Fakultas Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Institut Pertanian Bogor. Selama menjadi mahasiswi terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Bergabung bersama PILI pada tahun 2014, untuk mendampingi kegitan urban community atas dukungan PT Nestle Indonesia. Selain itu aktif sebagai tim riset dan kemitraan lingkungan terutama pengembangan proposal program, selain hobi membaca, jalan-jalan, dan handcrafting. Menjadi fasilitator pendidikan lingkungan di beberapa komunitas di bogor.
Image

Administrasi dan Keuangan

Raden Fitria Mulya Safitri S.E
Meski baru bergabung dengan PILI Green Network, ia sudah berpengalaman sebagai akuntan diberbagai perusahaan swasta didunia perbankan. Kesehariannya berhubungan dengan administrasi, pajak, asuransi dan juga surat-menyurat. Ia juga menggemari jalan-jalan dan wisata kuliner. Energik dan berkemauan tinggi dalam menyelesaikan tugasnya.
Image

Staf administrasi dan keuangan di Lanskap TNBBS

Mellda Yanti
Kelahiran Lampung dan merupakan lulusan Kehutanan Universitas Lampung. Mulai bergabung bersama PILI pada akhir 2018 sebagai staf administrasi dan keuangan untuk program di Lanskap TNBBS. Sebelumnya juga pernah bekerja di beberapa NGO dengan bidang yang sama, lingkungan dan konservasi di wilayah Lampung. Terlibat aktif dalam organisasi lingkungan sejak menjadi mahasiswa dengan berkecimpung dalam kegiatan kemahasiswaan dan berkesempatan menjadi kader konservasi pada forum komunikasi kader konservasi.

IG : Mellda_23

Image

Staff Administrasi dan Keuangan di Lanskap TNWK

Siti Suprehatin

Lulusan Kehutanan Universitas Lampung 2019. Pada saat kuliah aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan dan organisasi Lingkungan hingga saat ini seperti Tiger Heart dan Gajahlah Kebersihan Lampung. Baru bergabung di PILI pada April 2020 sebagai Staff Administrasi dan Keuangan TNWK.

Image

Staff Vegetasi di Lanskap TNBBS

Cynthia

Memiliki pengalaman mengenai program konservasi dan program pelayanan masyarakat selama 2 tahun. Salah satu pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki adalah keterampilan di Ekowisata and Biodiversitas Flora di TNGHS. Berbagai proyek magang dan relawan dilakukan, seperti Program Ekowisata di Loji, Winter School UI-Leiden tahun 2017-2018 mengenai Ilmu Lingkungan Keberlanjutan, mentor biodiversitas flora di OMPT Canopy UI, dan anggota relawan lapangan flora di TNGHS. Di PILI, berfokus pada flora, perubahan vegetasi dan kajian restorasi ekologi tanaman di TNBBS.

Image

Fasilitator Pengembangan masyarakat/bisnis kemitraan lingkungan

Hasim Andi Taufig S.E
Kelahiran bantul, lulusan sarjana ekonomi salah satu universitas di jogjakarta, pernah bekerja di beberapa perusahaan, bergabung dengan PILI Green Network pada 2015. Hingga kini menjadi fasilitator pengembangan masyarakat dan kegiatan usaha kemitraan lingkungan di wilayah Pesanguan, Tanggamus, Lampung. 
Image

Admin & database PILI program TFCA

Oktafia Citra Ningsih
Kelahiran Jogja dan memiliki hobi membaca dan menulis, Okta merupakan lulusan Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada. Selama menjadi mahasiswi, Okta aktif dalam kegiatan studi herpetofauna. Sebelum terlibat di PILI, Okta mengabdi di Kalimantan Tengah selama 1 tahun sebagai relawan di masyarakat. Bergabung bersama PILI pada tahun 2019 sebagai fasilitator masyarakat di desa dampingan untuk program restorasi.
Image

Koordinator restorasi hutan berbasis masyarakat

Julyanto

Kelahiran Lampung, lulusan Kehutanan Universitas Lampung. Sebelumnya aktif bekerja di pemetaan pertisipatif bidang pertanian. Bergabung di PILI mulai dari 2019 sebagai Fasilitator lapang program TFCA Sumatra di TNBBS. Saat ini di beri tanggung jawab untuk menjadi koordinator restorasi hutan berbasis masyarakat di 2 resor TNBBS. Tertarik pada kegiatan lingkungan dan penelitian kehutanan.

IG: @julyantoe

Image

Fasilitator pendampingan dan pemberdayaan masyarakat

Mayang Haris Wahyukinasih
Kelahiran Lampung Timur, Lulusan Kehutanan Universitas Lampung, sejak lulus kuliah tahun 2013 langsung bekerja di NGO. Bergabung di PILI sejak 2018 sebagai fasilitator pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di 2 desa penyangga Taman Nasional Way Kambas.

Image

Media & Website Staff

Ayi Setiawan

Lahir dan menyelesaikan pendidikan di Bogor, sejak tahun 2019 bergabung bersama PILI Green network.

Image

Supporting unit/ driver

Asep Abdullah

Biasa dipanggil asep, laki-laki kelahiran sukabumi ini telah lama bergabung di PILI sejak 2008 sebagai pengemudi. Walaupun begitu, ia banyak membantu pengurusan adminitrasi dan juga kegiatan enumerator untuk kajian sosial di Lampung, Pasuruan dan Tulungagung. Kegemarannya akan kegiatan dokumentasi telah teruji dalam berbagai pelatihan fotografi oleh profesional fotografer. Saat ini mengelola database foto dan video serta maitenance alat-alat kantor.

Image

CO Lokal Desa petay kayu

Lux Fauzi

Kelahiran Tulang Bawang, mulai bergabung bersama PILI sejak 2019 sebagai Co Lokal untuk program PILI di TNBBS Lampung. Lulusan STAI Ma’arif Lampung Tengah ini pernah bekerja di beberapa perusahaan. Dan kini ia aktif mendampingi kelompok restorasi dan pengembangan usaha masyarakat di desa Petay Kayu, Tanggamus , Lampung.
Ig: @oombejhoe

Image

CO Lokal Desa Pesanguan

Basuki
Kelahiran Lampung dan menempuh pendidikan Jurusan Ekonomi Universitas Muhammadiyah. Menjadi Co lokal sejak 2019, hingga kini aktif sebagai mendampingi Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan (KPHP) di desa Pesanguan, Tanggamus, Lampung. Ia juga terlibat aktif dalam organisasi dan kegiatan lingkungan.
Ig: @basuki_wae

Image

CO Lokal Desa Sri Menanti

Suhud Setiadi
Kelahiran Lampung dan lulusan Jurusan Teknik Gambar, bergabung bersama PILI sejak 2019 sebagai Co Lokal untuk program PILI di TNBBS Lampung. Pernah bekerja sebagai pendamping pembangunan desa dan kini aktif mendampingi kelompok tani hutan di desa Sri Menanti, Lampung Barat.

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network