BBKSDA Jatim Kembali Lepasliarkan Lutung Jawa

Malang, 4 September 2020. Upaya apa yang seharusnya segera dilakukan untuk menangani satwa liar hasil penyerahan masyarakat atau sitaan perdagangan ilegal?

Hari Purnomo, Kepala Resort Konservasi Wilayah 22 Malang menyatakan upaya pelepasliaran menjadi salah satu upaya yang harus segera dilakukan terhadap satwa-satwa liar tersebut. Tujuannya untuk mengembalikan satwa liar ke habitat alamnya.

Seperti yang dilakukan pihak Balai Besar KSDA Jawa Timur bersama Javan Langur Center - The Aspinal Foundation (JLC - TAFIP) pada 3 September 2020 di hutan lindung Coban Talun. Ada 4 ekor Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) yang dikembalikan ke habitat alamnya yang masuk wilayah BKPH Pujon, KPH Malang, Perum Perhutani Divre II Jawa Timur tersebut.

Perusahaan sawit konservasi burung pemangsa di Kalimantan

Jakarta (ANTARA) - PT Mentaya Sawit Mas (PT MSM) melakukan upaya konservasi burung pemangsa (raptor) di kawasan High Conservation Value (HCV/ konservasi bernilai tinggi) yang berada di area perkebunan tersebut di Kalimantan Tengah.

Kawasan tersebut saat ini menjadi rumah bagi 16 spesies burung pemangsa atau 55 persen dari total jumlah spesies tersebut di Pulau Kalimantan, termasuk Brunei Darussalam dan Malaysia.

Senior Assistant Conservation Indonesia Wilmar International (induk PT MSM) Surya Purnama di Jakarta, Kamis, mengatakan area konservasi seluas sekitar 4.000 hektare tersebut telah diidentifikasi melalui penilaian area bernilai konservasi tinggi (NKT) yang dilakukan sebelum pembukaan kebun.

Perdagangan ke Jawa Makin Marak, Burung Kicau di Sumatra Terancam

Dalam beberapa bulan terakhir, petugas banyak menyita perdagangan burung tanpa menyertakan dokumen lengkap dari berbagai provinsi di Sumatra, seperti Sumatra Utara, Aceh, Jambi dan provinsi lain. Perdagangan burung-burung yang akan dibawa ke Pulau Jawa ini masih marak hingga kini. Keberadaan burung kicau di di alam liar Sumatera bisa terancam.

Mengenal TNP Laut Sawu, Salah Satu Segitiga Karang Dunia di Indonesia

Ada berbagai macam kawasan konservasi di Indonesia. Salah satunya adalah Taman Nasional Perairan (TNP). Berbeda dengan Taman Nasional (TN) dan Taman Nasional Laut (TNL) yang berada di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuhatan (KLHK), TNP sebagai salah satu tipe kawasan konservasi perairan dibawahi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Page 1 of 12

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network